Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Unggah Karil UT (Update)

Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Unggah Karil UT (Update)

Bagi Mahasiswa Universitas Terbuka (UT) yang telah registrasi dan akan mengunggah Karya Ilmiah (Karil) ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Ada beberapa pertanyaan dari Mahasiswa seputar unggah Karil melalui situs http://karil.ut.ac.id (NON PENDAS) atau http://karil.ut.ac.id:88 (PENDAS)  "Kenapa saya pada saat mengunggah Karil ko' tidak bisa atau lama sekali loading upload-nya...???"

Dan berikut beberapa hal yang harus diperhatikan oleh mahasiswa, yaitu:
  • Batas Unggah Karil Masa 2014.1:
    • Non Pendas : Tgl. 31 Maret s.d. 19 Mei 2014
    • Pendas         : Tgl. 17 April s.d. 30 Juni 2014
  • Status Registrasi Karil. Mahasiswa dapat menggunggah Karil melalui Website apabila sudah melakukan Registrasi Pembayaran Karya Ilmiah (Karil), yang dibayarkan menggunakan Billing (LIP) melalui Bank BRI/BTN/Mandiri. Ciri-ciri mahasiswa belum melunasi pembayaran Karil adalah pada saat Unggah maka pilihan Jenis Jurnal TIDAK AKAN MUNCUL dari menu Nama Jurnal di Web Karil. (Lihat Gambar)
  • Dalam pengisian Nomor Induk Mahasiswa (NIM) pada kotak isian "NIM" harus diisi secara manual/diketik atau JANGAN COPY PASTE! Apabila dengan cara COPY-PASTE dalam pengisian NIM, maka pilihan Nama Jurnal juga tidak akan MUNCUL/KELUAR. 
  • Ukuran File. Ukuran (Size) Maksimal file Karya Ilmiah (Karil) UT supaya dapat terunggah adalah sebesar 1.024 KB (1 MB). Lebih dari itu maka file tidak akan ter-UNGGAH(Lihat Gambar)
  • Jenis / Tipe File. Dalam menyimpan Softcopy file Karil yang perlu diperhatikan untuk Tipe / Jenis file yaitu harus disimpan dalam format Ms. Office Word 2003 atau sebelumnya (.doc). Apabila Anda menggunakan Ms. Office Word 2007 dalam mengetik dan menyimpan file karil maka file akan tersimpan dalam format (.docx), dan bila anda mengunggah karil maka tidak akan terkirim/terproses. Solusi: "SAVE AS" file Karil anda dari Type Office Word 2007 menjadi Office 2003, dengan cara mengganti "Save as Type" ke pilihan "Word 97-2003 Document", kemudian klik tombol "Save". Maka otomatis file karil anda akan berubah menjadi type Office Word 2003 (.doc). (Lihat Gambar)
File Karil disimpan dalam format *.doc (word 97-2003) bukan docx (word 2007-2013) 
  •  Alamat Email. Pastikan penulisan data alamat email Anda dalam mengunggah Karil adalah benar atau lengkap (Misal: agoenkwe@gmail.com) dan juga alamat email tersebut harus AKTIF (bisa Sign-In/Masuk). Apabila dalam penulisan data alamat Email anda yang sudah terkirim dalam pengunggahan SALAH, maka segera laporkan tersebut ke UPBJJ Semarang (Lihat Gambar)
  • Login Karil. Untuk dapat Login/Masuk pada Website Karil, maka Anda harus terima Username (Nama Pengguna) dan Password (Sandi) yang bisa anda lihat melalui Email masing-masing yang dikirim dari UT Pusat. Bila balasan tentang username pada menu Kotak Masuk/Inbox tidak ada, silahkan Anda cek di menu "SPAM". Namun Jika pada menu SPAM dan Inbox tidak ada kiriman/balasan dari UT Pusat berarti Email yang Anda gunakan untuk unggah Karil adalah "SALAH", untuk memperbaiki silahkan Anda telepon ke UT Pusat di No. 021.7490947 ext. 1208 (Bag. LPPM)

Diatas hal-hal yang harus diketahui dan diperhatikan oleh seluruh mahasiswa UT yang akan mengunggah karil dari Situs karil.ut.ac.id.
Jangan takut untuk mencoba! Terima kasih..
- Sumber: http://utpangkalpinang.blogspot.com/2013/11/hal-yang-perlu-diperhatikan-dalam.html#sthash.OTRMHErl.dpuf

Komentar

Anonim mengatakan…
trimaksihhhh
sangat membantu
Unknown mengatakan…
Kalau salah emailnya gimana ya pakkkkkkkkkkkkkkk??? :(
NAJMUDDIN mengatakan…
jangan sampai salah gmailnya, karena nati balasan (yang isinya username n password) untuk masuk kari dikirim lewat email td.....harus gmail yang masih valid
Anonim mengatakan…
Username sama passwordnya nanti masih dipake lagi ga ya? Saya salah masukin emailnya.
NAJMUDDIN mengatakan…
masih dipakai mas, jangan sampai lupa,,,lebih2 lupa password gmailnya,,,,,,,karena username n pw karil ada di gmail.....kecuali di rubah
Anonim mengatakan…
Kalo sudah salah pake email orang gimana? apa harus unggah lagi?
NAJMUDDIN mengatakan…
kalau gmailnya sudah valid gak apa-apa......yang penting bisa login gmail tadi,,,dan 1 gmail untuk 1 akun
Anonim mengatakan…
Masalahnya saya tidak bisa login karena gmail itu milik orang lain. Solusinya bagaimana ?
NAJMUDDIN mengatakan…
ketika registrasi karil apakah pakai gmail orang lain? kalau gitu minta password gmail tadi ....karena balasan dari UT dikirim ke gmail yang di daftarkan saat unggah karil
Anonim mengatakan…
Ya gak mungkin dikasih dong mas kalo passwd gmailnya. heee. Ya berarti nanti saya coba kontak email yang bersangkutan saja. Terimakasih atas solusinya
NAJMUDDIN mengatakan…
hehehhe,,,,,,,,,siip mas,,,sama-sama
Anonim mengatakan…
bapak, situs untuk karil ut http://karil.ut.ac.id/ tidak bisa diakses, apa dikarenakan adanya gangguan, terima kasih
NAJMUDDIN mengatakan…
masih bisa pak,,,,,kalau blh tau,,,bapak pakai kartu apa? mungkin provider bapak di blokir dari Web UT
Anonim mengatakan…
Selamat siang mas. .
saya sudah registrasi di unggah karil ut dengan menggunggah karil ut, terus saya sudah mendapatkan user name dan pasword yang dikirim ke email saya, ketika saya mengklik tautan yang telah dikirimkan untuk login, karil yang saya unggah tidak dapat ditampilkan / tidak bisa di download, yang saya tanyakan apakah karil saya sudah terunggah / belum mas? kalau belum apakah saya perlu registrasi ulang / cukup di edit saja???
NAJMUDDIN mengatakan…
Selamat siang juga Bapak
sudah mendapatkan Username dan password itu artinya registrasi bapak berhasil dan Karil Bapak sudah terunggah , adapun Karil tidak bisa di tampilkan mungkin di sebabkan Unggahan belum sempurna, yang tampil bisa judul saja, isi tidak tampil,,,,(proses unggahan gagal karena sinyal down)
Solusi : login kembali dengan menggunakan username dan password
, jika masih tidak tampil, hub UT Pusat untuk reset Karil, supaya karil lama dihapus, dan bapak bisa Unggah karil lagi ( usahakan sinyal harus kuat agar unggahan sempurna)
Anonim mengatakan…
Terimakasih mas atas info dan sarannya,
setelah saya cek kembali ternyata karil saya tetap tidak bisa ditampilkan mungkin hal itu disebabkan sinyal jaringan yang kurang bagus saat proses peng-uploadan , untuk menghubungi UT pusat saya harus menelpon atau via pembimbing saja, saya ada di UPBJJ Banjarmasin. terimakasih
NAJMUDDIN mengatakan…
Sama-sama mas.
Hub No. 021.7490947 ext. 1208 (Bag. LPPM)
atau UPBJJ Banjarmasin
Usahakan ketika unggah karil sinyal harus bagus mas
Terimakasih
Anonim mengatakan…
gan mengapa karil saya tidak muncul, terus pada saat saya mau edit tidak ada pilihan chooose file nya,, mohon solusinya..?
NAJMUDDIN mengatakan…
tidak muncul di Jurnal? mungkin ketika Ngunggah sinyal yang bapak paki Down....silahkan Call UT pusat untuk reset karil, dan kalau sudah di reset ulangi unggah karil,,,semoga berhasil
Unknown mengatakan…
pak sya mau tanya kmaren saya uda unggah karil masuk tapi isi nya ngk ada pak,trus sya coba edit ngk mw pak,,,saya pakai email baru dan unggah lagi mau pak dan ada karil saya di jurnal,,,tapi masalah nya apakah saya plagiat seperti itu pak,,,?
NAJMUDDIN mengatakan…
Bapak Tri Suhendra _ menurut sepengetahuan saya pak,,,,1 NIM mahasiswa menggunakan 1 gmail, jadi ketika bapak registrasi ulang menggunakan Gmail baru, maka system akan menganalisa Data 1 NIM menggunakan 2 gmail doble(ganda)_dan Judul terindikasi sama dan hal itu dilarang ( tapi saya masih ragu)...menurut arahan UT seharusnya bapak mereset kari dengan cara Call UT pusat supaya Karil yang gagal di unggah dihapus dl,,,,sehingga bapak bisa Unggah Karil Ulang dengan menggunakan Gmail yang sama
berdoa saja pak semoga tidak terjadi masalah.amiiinn...terimakasih
Unknown mengatakan…
tapi saya hubungi UPBJJ pekanbaru ktanya karil saya sudah masuk pak,,,,trus gmana tuh pak...?
NAJMUDDIN mengatakan…
kalau ada konfirmasi masuk dari UPBJJ ya siip pak,,,,,
Unknown mengatakan…
tp kta nya ngk ada file nya pak?
NAJMUDDIN mengatakan…
berrarti yang masuk hanya judul pak
Unknown mengatakan…
iya pak,saya sudah hubungi upbjj pekanbaru katanya bisa di edit,tp saya coba ngk mau pak...?
Anonim mengatakan…
pak mau tanya, kasus saya hampir sama kaya bapak2 di atas, sy sudah upload tapi kok jurnal gak muncul,, cuman ada judul tok..
sy ragu apakah sudah masukk blu, sudah dapat username juga, tpi buat edit juga tidak bisa...
NAJMUDDIN mengatakan…
Bapak yang terhormat,
Karil anda berhasil di unggah akan tetapi yang masuk hanya Judul, Isinya tdk tampil ( itu disebabkan ketika Unggah karil belum 100% berhasil
Solusinya : Reset Karil dg Cara Call UT bagian Karil...setelah reset karil maka data karil lama akan hilang dan bapak bisa mencoba Unggah Karil lagi dengan Email dan NIM yang sama, tidak perlu registrasi lagi....terimakaksih
lili shabelia mengatakan…
Pak mau tanya sy sdh berhasil unggah kari kmaren masih bs dibuka dan di downloud tp hari ini kok gk bs dibuka pdhl sdh pke pasword yg sama itu gmana pak solusiny ap hrs ganti pasword trims
didien mengatakan…
iya saya juga sama kasusnya..kemarin masih bs buka tapi skrg ga bisa lagi..katanya userID or password salah padahal saya sudah masukkan sesuai seperti kemarin.. jd gimana dong solusinya..?
Ary mengatakan…
Pak..untuk unggah karil itu apakah ada batasan waktu misalnya saya kan ambil matkul karil pada periode 2015.1 tapi sampe skr karil saya blom terunggah karena ada beberapa kendala...sedangkan saya skr kan masuk semester 10 periode 2016.1 apakah saya masih bisa mengunggah karil saya di periode ini..sebelum kelulusan..saya lihat di kalender akademik..untuk periode unggah karil di bulan maret sampe julim.tks pak mohon infonya.
Unknown mengatakan…
mas...saya kan sudah regestrasi mata kuliah karil tetapi ketika saya mau regestrasi karil muncul pernyataan kalau NIM saya tidak terdaftar untuk mata kuliah karil, itu kira2 apa ya kesalahannya. Terimakasih
Binti Roikatul mengatakan…
pada kolom "Status Artikel Mahasiswa" tertulis No Record Found, bagaimana solusinya. Mohon Bantuan
Unknown mengatakan…
Pak mau nanya.kalok regestrasi ulang gemana caranya pak
Unknown mengatakan…
Kalau uplod sampai 4 kali gimana ya
Unknown mengatakan…
Siang pak saya mahasiswa UT batam mau Tanya saya unggah karil sampe tiga Kali Karna ada kesalahan apakah bisa penggunggahan yg tertimpa seperti kasus saya pak. Mohon pencerahannya
Mram mengatakan…
Malam pak. Saya mau nanya, cara melihat berhasil atau tidaknya unggahan karil pada saat sudah keluar dri registrasi. Mohon pentunjuknya pak atau apa masih bisa pakai buat email lagi pak dengan pasword yg berbeda.
Unknown mengatakan…
selamat sore pak..
maaf pak mau tanya..kemarin saya unggah karil..tetapi email saya yang saya unggah salah pak..bagimana ya pak?

Postingan populer dari blog ini

MENGEMBALIKAN PENGATURAN MICROSOFT EXCEL KE AWAL / DEFAULT

SHALAWAT KUBRO