TENTANG APLIKASI IPPAUD

PENDAHULUAN
1.1. MAKSUD DAN TUJUAN
Petunjuk penggunaan aplikasi IP-PAUD ini dibuat untuk membantu para pengguna aplikasi agar lebih mengetahui fungsi dasar hingga fungsi tingkat lanjut dari aplikasi IP-PAUD. Diharapkan dengan adanya petunjuk penggunaan ini para pengguna secara mandiri dapat mempelajari dan mengetahui langkah-langkah pengisian standar dan penggunaan aplikasi IP-PAUD.

1.2. TENTANG APLIKASI IP-PAUD
Aplikasi Sistem Informasi Instrumen Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini selanjutnya disingkat "IP-PAUD" ini dibuat oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) bekerjasama dengan United Nations Children's Fund (UNICEF) melalui Program Pengembangan Anak Usia Dini yang dikelola oleh Pusat Penjaminan Mutu Pendidikan (PPMP) – Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (BPSDMK & PMP) tahun 2014.
Aplikasi ini berfungsi untuk pengumpulan data capaian standar pendidikan anak usia dini (kelompok usia 4-6 tahun) di setiap satuan pendidikan pada jenjang taman kanak-kanak. Khusus pada standar tingkat pencapaian perkembangan, belum dapat digunakan untuk mengukur tingkat pencapaian perkembangan untuk anak berkebutuhan khusus.
1.2.1. Kelebihan Aplikasi IP-PAUD
1. Aplikasi dapat dioperasikan pada spesifikasi minimal komputer yang ada saat ini.
2. Aplikasi bersifat portable sehingga dapat dioperasikan tanpa proses instalasi pada media seperti harddisk eksternal atau USB Flash Disk. Karena berbasis portable, cukup duplikasi folder aplikasi IP-PAUD ke dalam komputer.
3. Aplikasi IP-PAUD terintegrasi dengan aplikasi pendukung yang dibutuhkan untuk pengoperasiannya, sehingga tidak diperlukan lagi proses instalasi aplikasi pendukung untuk mengoperasikannya.
4. Aplikasi ini didisain dengan tampilan yang mudah dipahami dan digunakan oleh para pengguna.
5. Aplikasi dapat dikembangkan sesuai dengan kebutuhan, karena menggunakan prinsip modular sehingga mudah diperluas dengan modul-modul fungsionalitas tambahan dikemudian hari.
1.2.2. Spesifikasi Aplikasi IP-PAUD
1. Sistem operasi minimal Windows XP.
2. Ms. Office atau Open Office, pdf reader.
3. Minimal Processor Pentium 4.
4. Minimal RAM 512 MB.
5. Port USB.
6. Resolusi monitor minimal 1024x768 pixel.
7. Koneksi internet (jika akan melakukan pengiriman data ke pusat atau mengunduh aplikasi versi terbaru).

untuk menjalankan aplikasi akan kami bahas pada Post berikutnya klik

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MENGEMBALIKAN PENGATURAN MICROSOFT EXCEL KE AWAL / DEFAULT

Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Unggah Karil UT (Update)

SHALAWAT KUBRO