PETUNJUK APLIKASI IPPAUD

Pada bab ini akan diterangkan tentang bagaimana proses yang harus dilakukan untuk membuka aplikasi dan menjelaskan tentang menu-menu yang ada di dalam sistem Aplikasi IP-Data Processing PAUD Instrumen Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini (kelompok usia 4-6 Tahun).
Langkah awal yang harus dilakukan adalah memastikan bahwa USB Drive (flashdisk) yang berisikan aplikasi IPPAUD sudah tersambung dengan computer atau laptop anda. Kemudian ikuti langkah-langkah berikut ini:
1. Pilih dan klik folder IPPAUD yang ada pada USB Drive anda.





2. Pilih dan klik pada aplikasi IPPAUD untuk memulai aplikasi.

Maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini:

Jika aplikasi sudah terbuka (ditandai dengan terbukanya sebuah browser Mozilla Firefox), untuk pertama kali aplikasi akan mengarahkan pengguna untuk mendaftarkan akun sekolah-nya, seperti di bawah ini:



2.2. MENGGUNAKAN APLIKASI
2.2.1. Pendaftaran Pengguna Aplikasi
Pada bab ini akan dijelaskan tentang proses dan langkah-langkah yang harus dilakukan dalam penggunaan aplikasi IPPAUD ini. Proses dan langkah-langkah yang harus dilakuan berupa registrasi, login, pengisian profil sekolah, pengisian standar, menampilkan dan mencetak laporan
menyimpan hasil pengisian, pengiriman data ke pusat, sampai pada penutupan aplikasi ini.
Sebelum anda dapat menggunakan aplikasi ini, terlebih dahulu anda harus mendaftarkan TK/PAUD anda dengan memilih tombol Daftarkan akun sekolah.
Isikan Nama TK, Alamat email yang akan didaftarkan, nama pengguna dan password untuk masuk ke dalam aplikasi ini.

Jika semua telah terisi, klik tombol Daftarkan untuk menyelesaikan proses registrasi ini. Jika sudah dan berhasil melakukan registrasi maka akan tampil halaman informasi bahwa registrasi sukses. Klik Login untuk memulai aplikasi ini. Masukan nama pengguna dan password yang sudah didaftarkan tadi, lalu pilih Masuk.

2.2.2. Mengisi Identitas Sekolah
Setelah melakukan Login, anda terlebih dahulu akan diberikan sebuah isian untuk melengkapi profil dari TK anda. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan mengisikan nama TK (sudah terisikan sesuai dengan nama pada saat proses registrasi), NPSN (Nomor Pokok Sekolah Nasional), Status sekolah (Negeri / Swasta) dan Akreditasi sekolah.

Setelah semua diisikan, pilih tombol Selanjutnya.



Pada halaman selanjutnya, isikan Alamat, Provinsi, Kota, Kecamatan, Kelurahan, Kode Pos, Nomor Telepon, email (sudah terisikan sesuai dengan email pada saat proses registrasi) dan Website TK anda. Untuk Kode Pos dan Website, isian ini bersifat optional atau dapat dikosongkan. Pilih tombol Selanjutnya jika telah selesai mengisikan semua.
Halaman selanjutkan adalah pengisian data Pengajar dan Tenaga Pengajar (PTK) dari TK anda. Dimulai dari Kepala Sekolah, Guru, Guru Pendamping, dan Tata Usaha. Diusahakan untuk mengisikan semua jabatan yang tesedia pada aplikasi ini. Cara pengisiannya dimulai dari pengisian Nama, NIP/NUPTK (pilih salah satu saja), dan jabatan dari PTK. Untuk menambah data PTK, pilih tombol Tambah.

Ilustrasi dari pengisian data diatas seperti gambar di bawah ini:
Setelah semua proses isian telah dilakukan, maka langkah terakhir yang harus dilakukan adalah menyimpan data yang sudah dimasukan tadi dengan memilih tombol Simpan


























Komentar

Postingan populer dari blog ini

MENGEMBALIKAN PENGATURAN MICROSOFT EXCEL KE AWAL / DEFAULT

Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Unggah Karil UT (Update)

SHALAWAT KUBRO