TANYA JAWAB SEPUTAR APLIKASI DAPODIKDAS 2013

Tanya Jawab Seputar Aplikasi Dapodikdas 2013 Versi Terbaru (V. 2.0.3) & Solusi Terbaru

Mengingat banyaknya pertanyaan-pertanyaan yang sangat kompleks seputar aplikasi Dapodikdas 2013/2014 ini dari rekan-rekan OPS tak terkecuali saya. Hal inilah yang menginspirasi saya untuk me-repost solusi-solusi mengenai aplikasi Dapodikdas 2013 versi 2.0.3 dari “kiriman yang disematkan” pada Grup Info Pendataan Dikdas (31/10/2013). 


Artikel ini telah dilakukan pengeditan penulisan dari asalnya, hanya pada bagian-bagian tertentu oleh Admin yang bertujuan untuk lebih memperjelas esensi tanya-jawab terkait aplikasi Dapodikdas 2013/2014 bagi seluruh pengunjung blog ini. Berikut tanya-jawab tentang aplikasi Dapodikdas 2013/2014 khususnya terkait versi terbaru aplikasi Dapodikdas V. 2.0.3 :
1.         Tanya   :
Bagaimana step by step registrasi?
Jawab  :
1.      buat folder di "C:\" dengan nama "prefill_dapodik"
2.      unduh prefill di http://infopendataan.dikdas.kemdikbud.go.id
3.      simpan hasil prefill tsb pada folder "prefill_dapodik"
4.      silakan registrasi seperti biasa
2.         Tanya   :
Kenapa sudah install patch V. 2.0.3, aplikasi masih expired?
Jawab  :
Logout pada aplikasi, untuk memastikan silakan clear chache dan history pada browser. Dan pastikan install patch berhasil dilakukan.
3.         Tanya   :
Ini kemarin Pak saat habis instal patch terbaru … pas mau edit JJM pada tab Pembelajaran tidak bisa, yang tadinya di versi sebelumnya PJOK bisa di tambah kemarin mentok cuma 2.
Jawab  :
Pada v.2.0.3 sesuai kesepakatan bahwa utk JJM yang diinputkan dibatasi sesuai referensi yang telah diberikan oleh PDSP. Ini untuk mengantisipasi JJM berlebihan.
4.         Tanya   :            
Saya sudah sinkronisasi, dan berhasil, tapi data pada progress pengiriman tidak berubah, dan tidak ada perubahan lokal sehingga Peserta Didik dan PTK baru tidak bisa dipindahkan ke tabel utama! Kira-kira permasalahan itu pada apa pa?
Jawab  :
Untuk penambahan PD Baru dan PTK Baru memang belum bisa Pak. jika sudah pasti pada sinkronisasi berikutnya akan terisi otomatis.
5.         Tanya   :
Waktu Sinkronisasi : 1 menit Gagal Sinkronisasi karena Constraint Failed solusinya apa?
Jawab  :
Ini, masih di cek oleh team Pak. Mohon kesabarannya untuk mendapatkan solusinya.
6.         Tanya   :
Saya terkendala dalam entry nomor surat tugas Mas. Di sini hanya bisa untuk 20 digit, sedangkan nomor surat tugas itu lebih dari 20 Digit Mas. Gimana Solusinya Mas?
Jawab  :
Untuk "titik", "garis miring" dihilangkan saja pak. sehingga cukup. untuk update berikutnya nanti sudah diperpanjangan ukuran fieldnya.
7.         Tanya   :
Bug. Anggota rombel lewat aplikasi Ok, tapi di hasil konversi ke absen ada siswa nyasar di rombel lain, padahal lewat aplikasi rombel sudah sesuai.
Jawab  :
Iya Pak, untuk cetak Excel pada profil dan absensi sudah kami perbaiki. mungkin update selanjutnya sudah benar.
8.         Tanya   :
Untuk yg sudah terinstall versi 2.0.2 klo menambahkan patch 2.0.3 apakah disimpan di folder Dapodikdas atau di prefill Dapodik?
Jawab  :
Untuk tempat unduhannya terserah Bapak/Ibu. Namun pastikan destination install directory tepat pada directory aplikasi berada saat ini.
9.         Tanya   :
Pak kok sampe sekarang saya belum dapat kode registrasinya?
Jawab  :
Silakan tanyakan ke dinas kabkota. namun jika dari dinas bahwa kode registrasi belum ada. silakan untuk dinas kirim sekolah2 yg belum ada kode registrasinya ke email koderegistrasi@gmail.com. Dan jangan lupa cantumkan maksud dan tujuan. dan mungkin ini akan membutuhkan waktu. Karena kita juga harus ngecek ke data PDSP (Pusat Data dan Statistik Pendidikan).
10.       Tanya   :
Masih ada duplikasi data di luar kendali baik pada PD maupun pembelajaran yang sulit dihapus. Ada yang terotomatisasi semua PD jadi berkebutuhan khusus netra.
Jawab  :
Ini dikarenakan bug pada aplikasi versi sebelumnya Pak. sebelumnya kami mohon maaf. Silakan benarkan datanya kembali. Jadi untuk sekarang jika tidak mempunyai kebutuhan khusus dikosongkan saja pak. Terima kasih.
11.       Tanya   :
Untuk dapatkan patch v.2.0.3 di mana Pak?
Jawab :
12.       Tanya   :
Untuk JJM yang dientrykan di SD dan di SMP apakah ada petunjuknya dari jumlah jam perbidang study ngak Mas? Misal Guru Kelas 1 - 6 berapa jam, Agama dan Penjaskesnya.
Jawab  :
Oke pak nanti akan kami upload untuk maksimal JJM sesuai referensi dari PDSP. Jika sudah ada nanti akan kami upload dan umukan pada group ini.
13.       Tanya   :
Di tab Rombel, pada pembelajaran PTK, saya terlanjur menambah mata pelajaran wajib (Guru Kelas SD), pas mau dihapus kok tidak bisa, mohon solusinya.
Jawab  :
Iya Pak untuk Matpel Wajib tidak bisa dihapus (karena itu sudah sesuai kurikulum yang dipilih). Namun jika salah memilih PTK, tinggal diedit saja pak tidak usah dihapus.
14.       Tanya   :
Saya Operator SD, untuk peserta didik yang sudah lulus, kita registrasi keluar. Yang saya tanyakan sebelumnya perlu tidak dituliskan dulu Nomor SKHUN (nomor peserta ujian SD)?
Jawab  :
Pada aplikasi v.2.0.2 ke atas semua PD dan PTK yang sudah keluar tidak masuk validasi Pak. Silakan update versi aplikasi jika masih tervalidasi.
15.       Tanya   :
Saya udah ngentri datanya sudah hampir 90% tapi tiba-tiba muncul tampilan Objek Tidak ditemukan. Bagaimana solusinya agar tidak mengentri dari awal?
Jawab:
Silakan "Run", services.msc. kemudian cari service dengan nama DapodikdasDB. silakan klik start.
16.       Tanya   :
Yang duplikasi di pembelajaran gimana? Mapel tidak bisa dihapus jadi ganda, JJM guru jadi 2 x lipat, cuma bisa diedit jamnya saja.
Jawab:
PTK juga bisa di update Pak.
17.       Tanya   :
Pak kenapa pada jam mengajar tidak bisa 4 jam pembelajaran?
Jawab  :
Itu sudah sesuai referensi yg diberikan PDSP Pak, jadi maksimalnya memang segitu.
18.       Tanya   :
Pada database bawaan setelah install dan login, ternyata PTK Kepala Sekolah tidak ada, padahal di aplikasi 2012 Kepsek ada, lalu saya tambah ptk baru. sudah saya lakukan sinkronisasi satu kali dan berhasil. Pertanyaanya: Apakah saya tinggal menunggu PTK Kepsek masuk tabel? kapan saya harus sinkronisasi ulang?
Jawab  :
Iya Pak, tunggu saja. Memang untuk penambahan PTK Baru dan PD Baru masih belum bisa dilakukan.
19.       Tanya   : Pak mau tanya, kenapa data SDN……….. datanya hilang di Dapodik pusat padahal belum pernah sinkronisasi?
Jawab  :
Silakan hubungi Dinas Pendidikan Kab/Kota. Nanti pihak dinas yang akan mengurus dan mengajukan ke pusat
20.       Tanya   :
Maaf pak, kalau PTK tersebut sudah Sertifikasi, otomatis PTK harus cukup jam saat melaporkan Dapodik, nah jika yang sertifikasi KaSek, maka otomatis sudah punya 18 jam , masih kurang 6 jam untuk sarat sertifikasi, PTK tersebut tercatat jam tambahan sertifikasi mengajar PKn di kelas 4, 5, 6. Kendalanya dalam Rombel > Pembelajaran kan tidak ada PKn, bagaimana supaya jam tambahannya pas/cukup dalam laporan Dapodik?
Jawab  :
Ada pak, silakan gunakan tombol Tambah.
21.       Tanya   :
Pengisian di v.2.0.3 pada menu Registrasi Siswa, Jenis Pendaftarannya hanya ada "Siswa Baru" dan "Pindahan", Apa yang harus diisi untuk Siswa-siswa yang sudah lulus dan Keluar, bukankah itu seharusnya hasil registrasi di semester kemarin.
Jawab  :
Isikan sesuai ketika PD tersebut masuk ke sekolah tersebut apa (siswa baru/pindahan) meskipun dia sudah keluar. untuk history bahwa PD tersebut pernah masuk dengan terdaftar sebagai apa.
22.       Tanya   :
Setelah upgrade V. 2.0.3 ketika masuk di bagian PD ketika registrasi tidak bisa masukkan angka 3 untuk naik kelas pada jenis pendaftaran (sepertinya untuk angka yang lain juga tidak bisa).
Jawab  :
Untuk registrasi memang hanya ada statusnya Pak. (Siswa baru dan pindahan). Untuk naik kelas silakan isikan pada anggota Rombel,
23.       Tanya   :
Saya kok tidak bisa sinkronisasi lewat V. 2.0.3 ya?
Jawab  :
Kami sarankan untuk sinkronisasi offline saja Pak. jika jam jam segini, server padat pengunjung.. :)
24.       Tanya   :
Kenapa tidak ada download Excel Peserta Didik/Ptk, agar mudah mengambil data peserta didik dan PTK digunakan untuk keperluan lain?
Jawab  :
Sedang dalam pengembangan Pak.
25.       Tanya   :
Apakah perlu pada isian PD selain data Ayah dan ibu ....untuk wali juga diisi .... masalahnya kalau tahun lahir tidak diisi (angka 0 dihilangkan) setelah ditutup lalu dibuka kembali kolom tersebut warna merah lagi, sedangkan untuk PD Pindahan kan bisa masuk tabel utama menunggu kolom berwarna merah itu hilang ....mohon pencerahannya.
Jawab  :
Jika memang tidak ada Wali, dikosongkan saja Pak, iya karena nilai default-nya 0. jadi silakan hapus saja. Mungkin pada update versi berikutnya akan kami perbaharui.

Demikian, semoga membantu, artikel ini saya COPAS dari 
http://ansud-site.blogspot.com/2013/11/tanya-jawab-seputar-aplikasi-dapodikdas.html, Terimaksih admin blog tsb, semoga dapat balasanya.amiin

Komentar

Anonim mengatakan…
Sangat bermanfaat pak,,,terimakasih artikelnya.............
Anonim mengatakan…
bagaimana cara mengatasi 'anda tidak berhak melakukan sinkronisasi'
Unknown mengatakan…
ass..pak kok tidak bisa sinkronisasi ya pak padahal sudah saya masukkan kode registrasi dan username.....tapi yang timbul malah bacaan "yang berhak sinkronisasi hanya operator sekolah" padahal kan saya operator ny.. trims
Anonim mengatakan…
dewangga___ mungkin aplikasi anda pernah terinstall di lep lain pak,,,,,,,
JZ10NVR mengatakan…
untuk jjm bagi ptk agama hanya 3 jam per minggu jika sekolah ada 6 kelas berarti jjm nya bagi guru PAI hanya 18 jam dan ini kemungkinan akan jadi masalah karena tidak memenuhi sesuai aturan jjm ptk 24 jam. tolong pencerahannya!
NAJMUDDIN mengatakan…
Untuk guru agama saya tambahkan pada mapel BTA,,,,,,,,,

Postingan populer dari blog ini

MENGEMBALIKAN PENGATURAN MICROSOFT EXCEL KE AWAL / DEFAULT

Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Unggah Karil UT (Update)

SHALAWAT KUBRO