oncontextmenu='return false' onmousedown='return false' onselectstart='return false' onkeypress='return false'>

Social Icons

Pages

Rabu, 24 April 2013

KISI-KISI UJIAN CPNS 2013


Kisi-kisi Ujian Cpns 2013
Menurut Deputi SDM KemenPAN dan Reformasi Birokrasi Ramli Naibahu dalam konfrensi pers di kantornya pada hari Jum'at tanggal 20 Juli 2012 bahwa materi soal ujian Cpns terdiri dari Kompetensi Dasar dan Kompetensi Bidang. Kisi kisinya itu ada kompetensi dasar, kemudian wawasan kebangsaan, pengetahuan, intelegensia, kemampuan numerik, dan kemampuan verbal. 



Untuk tes kompetensi dasar pemerintah akan memberikan soal yang sama karena ingin menilai kepribadian calon PNS tersebut. Dalam kompetensi dasar tidak ada jawaban yang benar maupun salah. Namun ada jawaban paling benar dari yang benar tersebut. Berikut kami sampaikan Kisi-kisi Ujian Cpns yang bersumberkan dari Pemerintah (Kemenpan & RB):

Kisi-kisi Materi Ujian Cpns


Materi Ujian Kompetensi Dasar PNS meliputi :


1a. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) untuk menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan nilai-nilai 4 Pilar Kebangsaan Indonesia yang meliputi;

1). Pancasila,

2). Undang-Undang Dasar 1945,

3). Bhineka Tunggal Ika,

4). Negara Kesatuan Republik Indonesia (sistem tata Negara Indonesia, baik pada pemerintah pusat maupun pemerintah daerah, sejarah perjuangan bangsa, peranan Bangsa Indonesia dalam tatanan Regional maupun Global, dan kemampuan berbahasa Indonesia secara baik dan benar).

1b. Tes Intelegensi Umum (TIU) dimaksudkan untuk menilai;

1). Kemampuan verbal yaitu kemampuan menyampaikan informasi secara lisan maupun tulis,

2). Kemampuan numerik yaitu kemampuan melakukan operasi perhitungan angka dan melihat hubungan diantara angka-angka,

3). Kemampuan berpikir logis yaitu kemampuan melakukan penalaran secara runtut dan sistematis,

4). Kemampuan berpikir analitis yaitu kemampuan mengurai suatu permasalahan secara sistematik.

1c. Tes Karakteristik Pribadi (TKP) untuk menilai;

1). Integritas diri,

2). Semangat berprestasi,

3). Kreatifitas dan inovasi,

4). Orientasi pada pelayanan,

5) Orientasi kepada orang lain,

6). Kemampuan beradaptasi,

7). Kemampuan mengendalikan diri,

8). Kemampuan bekerja mandiri dan tuntas,

9). Kemauan dan kemampuan belajar berkelanjutan,
10).Kemampuan bekerja sama dalam kelompok, dan

11).Kemamapuan menggerakkan dan mengkoordinir orang lain.

Materi Soal Ujian Kompetensi Bidang :


2a. Materi soal ujian kompetensi bidang disesuaikan dengan karakteristik jabatan, yang pelaksanaannya dapat berbentuk;

1). Tes tertulis,

2). Tes praktek (performance test),

3). Tes psikologi lanjutan, dan atau

4). Tes wawancara.

2b. Penyusunan materi soal ujian tulis kompetensi bidang adalah tanggungjawab Instansi Pembina Jabatan Fungsional yang bersangkutan, misalnya;

1). Dosen dan Guru oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,

2). Dokter, Perawat, dan Bidan oleh Kementerian Kesehatan,

3). Diplomat oleh Kementerian Luar Negeri,

4). Penyuluh Pertanian oleh Kementerian Pertanian,

5). Perancang Peraturan Perundang-undangan oleh Kementerian Hukum dan HAM.

Pelaksanaan agar berkoordinasi dengan PPK Instansi Pengguna melalui Panitia Pengadaan CPNS Instansi.

2c. Dalam rangka menjaga keamanan dan kerahasiaan materi soal ujian kompetensi bidang, Instansi Pembina Jabatan Fungsional dapat melakukan penggandaan, pendistribusian, pengawasan ujian, pengumpulan soal dan LJK hasil ujian serta pengolahan LJK hasil ujian kompetensi bidang.

2d. Materi tes praktek disusun oleh Instansi Pembina Jabatan Fungsional dalam bentuk panduan tes praktek sesuai dengan kebutuhan jabatan yang memuat rincian informasi yang akan diperoleh dari pelamar CPNS, bentuk praktek, kriteria penguji, serta kriteria hasil tes praktek.

2e. Materi tes psikologi lanjutan disusun oleh instansi yang bersangkutan dalam bentuk panduan wawancara sesuai dengan kebutuhan jabatan yang memuat rincian informasi yang akan diperoleh dari pelamar CPNS, bentuk/jenis tes psikologi, kriteria penguji psikologi, serta kriteria hasil tes psikologi.

2f. Materi tes wawancara disusun oleh instansi yang bersangkutan dalam bentuk paduan wawancara sesuai dengan kebutuhan jabatan yang memuat rincian informasi yang akan diperoleh dari pelamar CPNS, teknik wawancara, kriteria pewawancara, serta kriteria hasil penilaian wawancara.


Sementara untuk tes kompetensi bidang, disesuaikan dengan instansi yang diminati. Tes kompetensi bidang akan dilakukan oleh kementerian/lembaga terkait. Misalnya untuk Kementerian Luar Negeri itu ada kualitas bahasa dan segala macamnya dan MenPAN dan reformasi birokrasi membuat kompetensi dasar, nanti baru kompetensi instansi dari instansi terkait.

Dari sisi penilaian, dari tes kompetensi dasar akan dinilai kepribadian calon PNS tersebut apakah rajin bekerja, aktif dan nilainya minimal 60 persen dari semua tes, sedangkan wawasan kebangsaan dan intelegensi umum itu hanya 20 persen.

Pemerintah bermaksud menyeleksi kepribadian dan karakter yang membantu, karena kalau wawasan dan intelegensi bisa dibentuk ketika bekerja.

Untuk materi soal, pemerintah juga bekerjasama dengan 10 perguruan tinggi negeri. Pemerintah juga berjanji lebih ketat dalam proses seleksi CPNS. Salah satu upayanya menggandeng pihak lain untuk ikut mengawasi jalannya proses rekrutmen Cpns/Casn.

Disamping itu Kemenpan & RB menjalin juga MoU dengan ICW mou, dan juga konsorsium LSM, KPK, BIN juga dilibatkan. Termasuk pengawasan inspektorat.

Menurut hemat kami untuk seleksi Ujian Cpns / Casn 2013, materi-materi tersebut masih relevan. Demikian informasi Kisi-kisi Ujian Cpns 2013, semoga bermanfaat, Amin!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

SILAHKAN KRITIK, SARAN DAN PERTANYAAN

 
Blogger Templates